Rut dan Naomi?

Sejujurnya judulnya mungkin gak begitu nyambung ya sama keadaanku. Aku dan Tante Angeline. Sahabat pertamaku yg umurnya seumur mamaku. Biasanya aku sahabatan sama yg seumur. Atau kakak-kakak yg seumuran kakakku yg jauh di atasku. Tapi ini tante-tante gaul dan seru yang udah nganggep aku anaknya sendiri.

Well, kalau inget tante ini, jadi agak-agak terharu juga, hehehe. Awalnya kami kenal, karena aku dikenalin sama mantanku. Yep, tante ini adalah mamanya mantanku. 

Kami pertama kali kenalan di kampusku. Lucu ya? Ternyata dia punya rekan bisnis di daerah kampus ku. Terus tante sama anaknya dateng deh ke kampus, kami makan di kios temennya tante. Ternyata tante langsung suka sama aku. Kayak langsung cocok gitu.

Tante ini unik. Di luar bayangan aku banget. Ceria, ceriwis, suka ngelawak, cuek, blak-blakan, bisa galak dan jutek juga, tapi gak pernah sama aku kayak gitu hahaha. Mudah bergaul, gampang untuk ngajak ngobrol siapa aja.

Pertama ketemu, langsung ngomongin kejelekan-kejelekan mantan aku dari mulai kecil (di depan orangnya). Aku ya ketawa-ketawa lah. Orang lucu ceritanya. Eh si mantan bete. Maklum, gengsinya tinggi, ngerasa dijelekin.

Sejak itu secara berkala tante suka telfon. Kadang aku yg telfon. Banyak lah tukar cerita. Aku seneng, karena tante gak punya anak cewe, jadi dia anggap aku anak cewenya. Dia langsung bilang di pertemuan pertama, "kalau pun nanti gak jadi mantu, ya jadi anak tante aja gapapa". 

Selama masa-masa transisi dari masa bahagia pacaran kami ke masa suram, tante lah jadi temen curhatku. Karena aku suka ga enak cerita ke mama, takut mama marah sama mantanku, atau takut mama jadi kepikiran lah. Jadi aku curhat ke mamanya mantan aja. Eh, si tante malah bilang "iya anak tante memang gitu.. Makanya kalau mau pilih ya, tante pengennya anaknya sih kamu aja, daripada dia.. Abis dia tuh ga suka nurut, pusing tante.." Hahahha. Tapi bukan berarti si tante benci ya sama anaknya. Dia sayang banget malah. Karena bagaimanapun juga banyak sifat si mantan ini yg mirip banget sama tante. Kayak suka ngomongnya, suka ngelawaknya, ramahnya, ramenya, banyak deh.

Nah persahabatan kami terus berlanjut. Sampai aku yg waktu itu kuliah di bandung, beberapa kali nginep di rumahnya yang di bandung (tanpa ada anaknya, karena aslinya mereka tinggal di jkt). Bahkan kami sering ketemuan dan jalan tanpa si mantan tau. Masak-masak, atau belanja di pasar, main piano (karena tante bisa main piano), dan cerita-cerita. Dan kalau udah lama gak ketemu pasti kangen deh sama si tante. Karena orangnya rame dan hangat. 

Bahkan setelah aku putus sama anaknya, tante selalu berpesan, "gapapa ya kita tetep dekat. Kita ya kita, ga ada urusannya sama anak tante". Aku juga setuju lah.. Tantenya baik, kalau pun putus ya aku gak jadi putus hubungan sama tante juga.

Tante suka bilang, dia pengen sekali punya anak cewe, karena putrinya meninggal umur 6 tahun. Dan dia berharap dia bisa dekat dan akrab sama menantunya. Sejujurnya itupun cita-cita aku. Aku pengen banget punya mertua yg terima aku dan anggap aku anaknya sendiri, dan bisa kompak gitu, karena aku pasti akan mengabdi sama mertua aku seperti ke mama sendiri. Dan masalah mertua (terutama mertua cewe) ini krusial bagi aku. Aku paling males kalau kayak "rebut" si suami dari mamanya karena sering bertentangan sama mamanya. Gak mau.

Jadilah aku merasa kayak Rut dan Ibu Naomi. Hahaha. Gak gitu juga sih. Rut kan pergi kemanapun Naomi pergi, meskipun suaminya (anaknya Naomi) sudah gak ada. Aku yaa gak gitu juga. Tapi yaa persahabatannya atau kedekatannya mungkin semacam itu.

Bahkan tante ini paling spesial diantara mamanya mantanku yg lain, karena satu-satunya yang pernah ke rumahku (karena waktu itu mau ikut ke Cianjur). Jadi tante ke rumah dan kenalan sama mamaku, mereka ngobrol-ngobrol. 

Tante ini baik banget deh. Suka kasih aku makanan yang banyaaakk. Karena aku sempet kurus banget ngurusin skripsi sambil sering bermasalah sama anaknya. Jadi yaa tante ini yg sering bantu aku untuk tetep ketawa dan makan. Hidup harus enjoy, katanya. Tiap telfon pasti yg ditanya "Udah makan belum?" Gitu. 

Saking baiknya waktu aku mau wisuda, tante mau dateng, mau beliin bunga, mau beliin kebaya, mau cari sepatu di bandung bareng aku. Yang mana mantan aku aja gak pernah nanyain lagi kapan aku wisuda. Tapi berhubung wisudanya sabat, yaa semua itu batal. Di hari-hari terakhir di kampus inilah tante sering temenin aku. Mumpung aku juga masih banyak waktu dan belum kerja. Jadi pas urus persyaratan wisuda tante ikutan muter-muter kampus. Katanya dulu dia begitu juga waktu mantan aku ngurus persyaratan wisuda, si tante dateng ke kampusnya untuk mastiin. 

Waktu akhirnya aku kerja, tante juga mau main ke kantorku, jauh-jauh dari bekasi. Biar ga kejauhan, akhirnya ketemunya di Manggarai. Terus sebagai traktiran gaji pertama, aku beliin dia sepatu, karena aku ga bisa penuhin janji untuk cari sepatu bareng di Bandung. 

Eh pas kemaren ketemu di nikahan di gerejanya tante, tante bilang, dia gak mau pake sepatu dari aku. Karena takut cepet rusak sepatunya. Katanya dia kalau pake sepatu sering cepet rusak berapapun harganya. "Terus kalau rusak, nanti gak ada lagi deh yang ingetin tante sama kamu", katanya. Kan sedih ya dengernya.. Hehehe. Padahal kalau rusak kan nanti aku bisa beli lagi. Lucu deh pas ketemu di pernikahan itu, kami sama-sama udah potong rambut sebahu, terus tante pake baju biru, aku pake putih-biru yang warna birunya senada sama bajunya tante. Tadinya kami mau fotoan, tapi karena buru-buru jadi lupa.

Sejak aku kerja, makin sedikit waktu untuk ketemu dan ngobrol sama tante. Aku juga sejujurnya menghindari tante, rencananya untuk sementara aja, karena saat itu saat-saat tersulit. Saat-saat di mana aku gak mau nginget anaknya. Saat-saat aku gak mau ditanya-tanya "gimana? Udah move on belum?" Karena saat itu pertanyaan macam itu bikin runyam pikiran aku. 

Dan kayaknya tante merasakan itu. Aku bisa merasakan kesedihan tante, yang ia berusaha sembunyikan. Dia sampai bilang ke aku "Udah Na. Kamu cari cowo lain aja. Kalian gak cocok. Anak tante bukan yang terbaik buat kamu. Kalian beda visi misi juga. Kamu harus move on." Digituin sebenernya bikin aku sedikit sedih karena seperti gak adil gitu. Ya, kenapa gak adilnya aku gausah ceritain. Tapi dengan kalimat pamungkas itu, dan beberapa jawaban doa lainnya, aku makin siap ambil keputusan untuk move on. 

Sampai beberapa minggu kemudian, aku gak hubungin tante juga, karena sempet beberapa kali aku telfon di saat ga tepat, tante sepertinya lagi gak pengen ngobrol panjang, jadi aku gak hubungin dia lagi sampai dia hubungin aku duluan. Anaknya juga akhirnya sudah dua bulan ini sama sekali gak pernah kontak lagi (sebelumnya masih suka ngontak, gak pernah sampe 2 bulan ga kontak). Jadi jujur aja gak ngomong sama dia dan keluarganya memang bantu aku cepet stabil lagi.

Kemarin, tiba-tiba tante telfon. "Na, maafin anak tante ya.. Dulu dia sering nyakitin kamu.. Padahal kamu sabar sama dia.." Terus aku tanya, "Ada apa tante, kok tiba-tiba tante ngomong gitu? Kan aku udah baik-baik aja?" Terus tante bilang, "Nggak, gak ada apa-apa.. Tante kangen aja denger suara kamu. Tante pengen tau kabar kamu.. Tante selalu doain yg terbaik buat kamu. Kalau ada yg lebih baik dari anak tante, tante seneng juga. Maafin anak tante ya.."

Duh, sebenernya sedih juga denger tante bilang gitu. Sebenernya aku udah gak apa-apa banget, mau anaknya udah pacaran sama siapa juga, it's all fine to me. Gak ada efek lagi. Tapi denger tante bilang gitu, aku terharu. Gimana yah. Anaknya aja gak inget tuh kayaknya untuk details perbuatan dia yang tante ucapin untuk aku maafin. Dan sepertinya dulu dia minta maaf karena ga mau terbeban rasa bersalah, bukan karena simpati sama sakit yg aku alami karena sikap dia. Tapi malah mamanya yg minta maaf bahkan di saat aku udah lupain. Aku merasa dihargai. 

Well. Karena itulah aku merasa aku dan tante ini seperti Rut dan Naomi. Kalau memang semirip itu, semoga "Boas"nya gak lama lagi datang "menebus" aku ya, tante. We'll see.

Comments

Popular posts from this blog

Everywhere I Go

Warm Fuzzies

Kebaikan dan kebaikan